Pages

Wednesday, 30 October 2019

TELENURSING


DEFINISI
Telenursing didefinisikan sebagai praktek keperawatan jarak jauh menggunakan teknologi telekomunikasi (National Council of State Boards of Nursing, 2011)
MANFAAT
a.    Efektif dan efisien dari sisi biaya kesehatan, pasien dan keluarga dapat mengurangi     kunjungan  ke pelayanan kesehatan ( dokter praktek,ruang gawat darurat, rumah sakit dan nursing home)
b.    Dengan sumber daya yang minimal dapat meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan keperawatan tanpa batas geografis
c.     Telenursing dapat menurunkan kebutuhan atau menurunkan waktu tinggal di rumah sakit
d.    Pasien dewasa dengan kondisi penyakit kronis  memerlukan pengkajian yang sering sehingga membutuhkan biaya yang banyak. Telenursing dapat meningkatkan pelayanan untuk pasien kronis tanpa memerlukan biaya dan meningkatkan pemanfaatan teknologi. 
e.    Berhasil dalam menurunkan total biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan akses untuk perawatan kesehatan tanpa banyak memerlukan sumber.
CIRI-CIRI TELEMEDICINE
1)        Interaktif
2)        Biaya telekomunikasi
3)        Biaya teknologi
4)        Transimi multimedia
5)        Response time
6)        Konsultan dapat mengumpulkan data riwayat dan pemeriksaan pasien
7)        Berakibat pada hubungan pasien-konsultan
8)        Berguna untuk pelayanan primer
9)        Menyenangkan atas pelayanan kesehatan
10)    Mudah dijadwalkan
11)    Perlu menyiapkan kebutuhan data bagi konsultan
12)    Menurunkan biaya tatap muka
(Boy, S. 2007)
MEDIA TELENURSING
1)      Telepon (telepon selular)
2)      Personal digital system (PDA)
3)      Mesin faksimili (faks)
4)      Internet
5)      Video atau audio conferencing
6)      Teleradiolog
7)      Komputer sistem informasi
8)      Teleborotic

KEUNTUNGAN TELENURSING
1)   Mengurangi waktu tunggu dan mengurangi kunjungan yang tidak perlu
2)   Mempersingkat hari rawatan dan mengurangi biaya perawatan
3)   Membnatu memenuhi kebutuhan kesehatan
4)   Memudahkan akses petugas kesehatan yang berasa di daerah yang terisolasi
5)   Berguna dalam kasus-kasus kronis atau kasus geriatrik yang perlu perawatan di rumah dengan jarak jauh dari pelayanan kesehatan
6)   Mendorong tenaga kesehatan atau daerah yang kurang terlayani untuk mengakses penyedia layanan melalui mekanisme seperti : konferensi video dan internet (American Nurse Assosiation, 2007) 
PRINSIP-PRINSIP TELENURSING
Prinsip-prinsip telenursing adalah : tidak mengubah sifat dasar dari praktek asuahan keperawatan, dimana perawat terlibat dalam telenursing mulai dari pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan. Perawat juga terlibat dalam informasi, pendidikan, arahan dan dukungan secara pribadi dalam telenursing hubungan ditetapkan melalui penggunaan telepon, komputer, internet atau teknologi komunikasi lainnya

APLIKASI TELENURSING
Telenursing dapat diterapkan di rumah, rumah sakit melalui pusat telenursing dan melalui unit mobil. Telepon triase dan home care berkembang sangat pesat dalam aplikasi telenursing. Di dalam home care perawat menggunakan sistem monitor parameter fisiologi seperti tekanan darah, glukosa darah, respirasi dan berat badan melalui internet. Melalui sistem interaktif video, pasien contact on-call perawat setiap waktu untuk menyusun video konsultasi ke alamat sesuai dengan masalah, sebagai contoh bagaimana mengganti baju, memberikan injeksi insulin atau diskusi tentang sesak nafas. Secara khusus sangat membantu untuk anak kecil dan dewasa dengan penyakit kronik dan kelemahan khususnya dengan penyakit kardiopulmoner dan persyarafan. Telenursing membantu pasien dan keluarga untuk berpartisipasi aktif di dalam perawatan, khususnya dalam managemen penyakit kronis. Hal ini juga mendorong perawat menyiapkan informasi yang akurat dan memberikan dukungan secara online.
Pedoman praktek lainnya yang menggunakan telenursing adalah :
1)      Menyampaikan informasi penting klien seperti data elektrokardiogram, CT Scan, foto rontgen, dsb.
2)      Menggunakan video, komputer untuk memantau kondisi kesehatan klien.
3)      Memantau status kesehatan klien di rumah sakit atau rumah misal, tekanan darah, nadi pernafasan, suhu dan sebagainya.
4)      Membantu wisatawan untuk mendapatkan perawatan kesehatan di tempat tujuan mereka.
5)      Membantu operasi klien dari jarak jauh.
6)      Menggunakan video konference untuk menyediakan sesi pendidikan keperawatan berkelanjutan.
7)      Mengembangkan website untuk memberikan informasi kesehatan dan waktu konseling

KEKURANGAN TELENURSING
Kekhawatiran dengan adanya telenursing ini adalah tidak adanya interaksi langsung perawat dengan klien yang akan mengurangi kualitas pelayanan kesehatan. Kekhawatiran ini muncul karena beranggapan kontak langsung dengan pasien sangat penting terutama untuk dukungan emosional dan sentuhan terapeutik. Sedangkan kekurangan lain dari telenursing ini adalah kemungkinan kegagalan teknologi, meningkatkan risiko terhadap keamanan dan kerahasiaann dokumen klien.



No comments:

Post a Comment