DEFINISI
Telenursing didefinisikan sebagai
praktek keperawatan jarak jauh menggunakan teknologi telekomunikasi (National
Council of State Boards of Nursing, 2011)
MANFAAT
a.
Efektif
dan efisien dari sisi biaya kesehatan, pasien dan keluarga dapat
mengurangi kunjungan ke pelayanan kesehatan (
dokter praktek,ruang gawat darurat, rumah sakit dan nursing home)
b.
Dengan
sumber daya yang minimal dapat meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan
keperawatan tanpa batas geografis
d.
Pasien
dewasa dengan kondisi penyakit kronis memerlukan pengkajian yang sering
sehingga membutuhkan biaya yang banyak. Telenursing dapat meningkatkan pelayanan untuk pasien kronis tanpa
memerlukan biaya dan meningkatkan pemanfaatan teknologi.
e.
Berhasil
dalam menurunkan total biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan akses untuk
perawatan kesehatan tanpa banyak memerlukan sumber.
CIRI-CIRI TELEMEDICINE
1)
Interaktif
2)
Biaya
telekomunikasi
3)
Biaya
teknologi
4)
Transimi
multimedia
5)
Response
time
6)
Konsultan
dapat mengumpulkan data riwayat dan pemeriksaan pasien
7)
Berakibat
pada hubungan pasien-konsultan
8)
Berguna
untuk pelayanan primer
9)
Menyenangkan
atas pelayanan kesehatan
10)
Mudah
dijadwalkan
11)
Perlu
menyiapkan kebutuhan data bagi konsultan
12)
Menurunkan
biaya tatap muka
(Boy, S. 2007)
MEDIA TELENURSING
1)
Telepon
(telepon selular)
2)
Personal
digital system (PDA)
3)
Mesin
faksimili (faks)
4)
Internet
5)
Video
atau audio conferencing
6)
Teleradiolog
7)
Komputer
sistem informasi
8)
Teleborotic
KEUNTUNGAN TELENURSING
1)
Mengurangi
waktu tunggu dan mengurangi kunjungan yang tidak perlu
2)
Mempersingkat
hari rawatan dan mengurangi biaya perawatan
3)
Membnatu
memenuhi kebutuhan kesehatan
4)
Memudahkan
akses petugas kesehatan yang berasa di daerah yang terisolasi
5)
Berguna
dalam kasus-kasus kronis atau kasus geriatrik yang perlu perawatan di rumah
dengan jarak jauh dari pelayanan kesehatan
6)
Mendorong
tenaga kesehatan atau daerah yang kurang terlayani untuk mengakses penyedia
layanan melalui mekanisme seperti : konferensi video dan internet (American
Nurse Assosiation, 2007)
PRINSIP-PRINSIP TELENURSING
Prinsip-prinsip
telenursing adalah : tidak mengubah
sifat dasar dari praktek asuahan keperawatan, dimana perawat terlibat dalam telenursing mulai dari pengkajian,
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan. Perawat
juga terlibat dalam informasi, pendidikan, arahan dan dukungan secara pribadi
dalam telenursing hubungan ditetapkan
melalui penggunaan telepon, komputer, internet atau teknologi komunikasi
lainnya
APLIKASI TELENURSING
Telenursing dapat
diterapkan di rumah, rumah sakit melalui pusat telenursing dan melalui unit mobil. Telepon triase dan home care berkembang sangat pesat dalam
aplikasi telenursing. Di dalam home care perawat menggunakan sistem
monitor parameter fisiologi seperti tekanan darah, glukosa darah, respirasi dan
berat badan melalui internet. Melalui sistem interaktif video, pasien contact on-call perawat setiap waktu
untuk menyusun video konsultasi ke alamat sesuai dengan masalah, sebagai contoh
bagaimana mengganti baju, memberikan injeksi insulin atau diskusi tentang sesak
nafas. Secara khusus sangat membantu untuk anak kecil dan dewasa dengan
penyakit kronik dan kelemahan khususnya dengan penyakit kardiopulmoner dan
persyarafan. Telenursing membantu
pasien dan keluarga untuk berpartisipasi aktif di dalam perawatan, khususnya
dalam managemen penyakit kronis. Hal ini juga mendorong perawat menyiapkan
informasi yang akurat dan memberikan dukungan secara online.
Pedoman praktek lainnya yang menggunakan telenursing adalah :
1)
Menyampaikan informasi penting
klien seperti data elektrokardiogram, CT Scan, foto rontgen, dsb.
2)
Menggunakan video, komputer
untuk memantau kondisi kesehatan klien.
3)
Memantau status kesehatan
klien di rumah sakit atau rumah misal, tekanan darah, nadi pernafasan, suhu dan
sebagainya.
4)
Membantu wisatawan untuk
mendapatkan perawatan kesehatan di tempat tujuan mereka.
5)
Membantu operasi klien dari
jarak jauh.
6)
Menggunakan video konference
untuk menyediakan sesi pendidikan keperawatan berkelanjutan.
7)
Mengembangkan website untuk
memberikan informasi kesehatan dan waktu konseling
KEKURANGAN TELENURSING
Kekhawatiran dengan adanya telenursing ini adalah tidak adanya
interaksi langsung perawat dengan klien yang akan mengurangi kualitas pelayanan
kesehatan. Kekhawatiran ini muncul karena beranggapan kontak langsung dengan
pasien sangat penting terutama untuk dukungan emosional dan sentuhan terapeutik.
Sedangkan kekurangan lain dari telenursing
ini adalah kemungkinan kegagalan teknologi, meningkatkan risiko terhadap
keamanan dan kerahasiaann dokumen klien.
No comments:
Post a Comment